![]() |
Administrasi dalam Dunia Pendidikan (Sekolah/Madrasah/Pesantren) yang tertib dan teratur, sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan pendidikan bagi Kepala Sekolah, Tata Usaha (TU) dan Guru. Peningkatan kemampuan tersebut akan berakibat positif, yaitu makin meningkatnya efisiensi, mutu dan perluasan pada kinerja di dunia pendidikan tersebut. Untuk memperlancar kegiatan di atas agar lebih efektif dan efisien perlu informasi yang memadai
Administrasi Sekolah/Madrasah merupakan suatu sumber utama manajemen dalam mengatur proses belajar mengajar dengan tertib sehingga tercapainya suatu tujuan terpenting pada lembaga pendidikan tersebut. Yang sangat diperlukan oleh para pelaku pendidikan untuk melakukan tugas dan profesinya.
Kepala Sekolah, TU dan Guru di Sekolah/Madrasah sangat memerlukan data-data tentang siswa, kurikulum, sarana dan sebagainya untuk pengelolaan sekolah/madrasah sehari-hari. Pengawas pendidikan di semua tingkat memerlukan data-data tersebut sebagai bahan sarana supervisi. Untuk tingkat yang lebih tinggi misalnya Dinas Penididikan/Kementerian Agama mulai tingkat kecamatan sampai propinsi memerlukan data untuk pelaporan yang lebih tinggi, untuk melakukan pembinaan, serta untuk menyusun rencana atau program pendidikan pada masa mendatang. Di tingkat pusat (nasional) data pendidikan diperlukan untuk perencanaan yang lebih makro, melakukan pembinaan, pengawasan, penilaian (evaluasi) dan keperluan administrasi lainnya.
Data pendidikan yang terdapat di sekolah/madrasah sangat banyak macam dan jenisnya. Ada yang bersifat relatif tetap dan ada yang selalu berubah. Untuk mendapatkan gambaran perubahan data dari waktu ke waktu, perlu dilakukan pencatatan yang teratur dan berkelanjutan dengan menggunakan sistem yang baku dalam satu sistem. Agar pencatatan data lebih akurat dan benar sesuai yang diharapkan tenaga administrasi yang terampil dan mengetahui apa yang menjadi tugasnya.
Administrasi sekolah adalah suatu proses keseluruhan kegiatan yang berupa merencanakan, mengatur (mengurus), melaksanakan dan mengendalikan semua urusan sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Administrasi sekolah merupakan suatu proses pemanfaatan segala sumber (potensi) yang ada di sekolah baik personil (Kepala Sekolah dan stafnya serta guru-guru dan karyawan sekolah lainnya) maupun material (kurikulum, alat/media) dan fasilitas (sarana dan prasarana) serta dana yang ada di sekolah secara efektif.
Penataan administrasi bagi sekolah menjadi begitu penting sebagai sumber data utama manajemen sekolah dalam mengatur proses belajar mengajar dengan tertib sehingga tercapainya tujuan sekolah.
Secara lebih spesifik, administrasi sekolah berfungsi :
• Memberi arah dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah
• Memberikan umpan balik bagi perbaikan proses dan hasil pendidikan di sekolah
• Meningkatkan mutu penyelenggaraan administrasi sekolah
• Menunjang tercapainya tujuan/program sekolah secara efektif dan efisien
Saat ini penataan administrasi sekolah lebih mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan. Akan tetapi yang sering timbul di lapangan, kita terkadang bingung mengenai jenis-jenis administrasi yang mengacu kepada 8 standar tersebut. Oleh karena itu berikut ini kami sajikan beberapa contoh jenis administrasi yang sesuai dengan 8 standar nasional pendidikan tersebut.
ADMINISTRASI STANDAR ISI :
1. Dokumen KTSP (Buku 1, 2, 3)
2. Dokumen Penyusunan Kurikulum (termasuk kurikulum mulok)
3. SK Tim Pengembang Kurikulum
4. Dokumen Penetapan KKM
5. Kumpulan acuan/referensi/peraturan
6. Program dan laporan pengembangan diri (BK, Ekstrakurikuler)
7. Kalender Pendidikan
8. Pemetaan SK – KD – Indikator
9. Program PT dan KMTT semua mapel
10. dll.
ADMINISTRASI STANDAR PROSES :
1. Administrasi Guru (silabus, program tahunan, program semester, rincian minggu/hari efektif, RPP, jadwal mengajar, dokumen penilaian, lembar penilaian sikap, program & pelaksanaan remedial dan pengayaan, analisis penilaian, daya serap, agenda guru, dll.)
2. Daftar buku teks, panduan guru, referensi
3. Program dan pelaksanaan supervisi, serta tindak lanjut
4. Buku kemajuan kelas
5. Dll.
ADMINISTRASI STANDAR KOMPETENSI LULUSAN :
1. Dokumen hasil tugas-tugas terstruktur
2. Dokumen / kumpulan karya siswa:
3. Kliping
4. laporan kegiatan
5. laporan diskusi
6. foto – foto kegiatan, dll.
7. Dokumen Prestasi
ADMINISTRASI STANDAR PTK :
1. File PTK
2. Buku induk pegawai
3. Kumpulan SK pembagian tugas dan uraian tugas
4. Presensi PTK dan rekapitulasinya
5. Notulen rapat-rapat
6. Program dan laporan pelaksanaan pengelolaan perpustakaan
7. Program dan laporan pelaksanaan pengelolaan laboratorium
8. Dokumen Keikutsertaan PTK dalam forum ilmiah
9. Dokumen kewirausahaan
10. Buku Pembinaan dan penanganan kasus
11. Dokumen Program, pelaksanaan, dan hasil PKB
12. Daftar Nominatif pegawai
13. DUPAK
14. SKP / PKP/DP-3
15. Laporan hasil PKG
16. DUK
17. Buku cuti PNS
18. Dokumen penerimaan gaji
19. Daftar tunggu pensiun
20. Data Statistik Kepegawaian
21. Dll
ADMINISTRASI STANDAR SARANA DAN PRASARANA :
1. Dokumen analisis luas lahan dan bangunan
2. Dokumen analisis kebutuhan sarana prasarana
3. Dokumen master plan/peta sekolah, foto–foto sarana prasarana
4. Dokumen kepemilikan lahan
5. Dokumen IMB/peruntukan bangunan
6. Dokumen kepemilikan daya listrik
7. Dokumen program dan pelaksanaan pemeliharaan sarana dan prasarana
8. Buku teks / BSE/Buku guru/Buku siswa
9. Dokumen administrasi inventaris laboratorium
10. Dokumen administrasi inventaris perpustakaan
11. Buku inventaris sekolah
12. Daftar inventaris tiap ruang (KIR)
13. Administrasi perlengkapan/barang :
- Buku penerimaan barang
- Buku pengeluaran barang
- Buku pemeriksaan perlengkapan/barang
- Kartu pemeliharaan barang
- Dokumen penghapusan barang
- Dokumen usulan pengadaan barang
ADMINISTRASI STANDAR PENGELOLAAN
1. Dokumen penetapan visi, misi sekolah
2. Dokumen RKJM/RKS, RKT/RKAS, RAPBS
3. Dokumen KTSP, Kalender Pendidikan, Struktur Organisasi, program pengembangan SDM, peraturan akademik.
4. Dokumen evaluasi pelaksanaan program dan tindak lanjut
5. Dokumen administrasi kesiswaan :
a. dokumen PPDB/MOPD
b. dokumen Pelaksanaan pengembangan diri/konseling
c. daftar dan rekapitulasi prestasi siswa
d. buku induk siswa
e. Data base sekolah
f. Buku klaper
g. Data keadaan siswa
h. Dokumen rekapitulasi presensi siswa
i. Buku mutasi siswa
j. Data statistik kesiswaan
k. Daftar Nominatif Peserta UN
6. Dokumen pendayagunaan PTK (Pembagian tugas, dokumen sistem penghargaan,
pengembangan profesi, mutasi dan promosi)
7. Dokumen sarana prasarana (perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, inventarisasi)
8. Dokumen hasil supervisi dan tindak lanjut
9. Dokumen evaluasi kinerja guru dan karyawan
10. Dokumen akreditasi sekolah
11. Dokumen pemilihan wakil kepala sekolah
12. Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIM)
13. Dokumentasi administrasi persuratan/ perkantoran
- Buku agenda
- Buku ekspedisi
- Kartu kendali dan lembar disposisi
- Arsip surat masuk dan surat keluar
- Kumpulan peraturan
ADMINISTRASI STANDAR PEMBIAYAAN
1. Dokumen investasi sarana prasarana
2. Dokumen Program dan realisasi (pengembangan PTK, gaji, kesiswaan, ATK, penggandaan, biaya daya dan jasa, biaya operasional tidak langsung, dll.)
3. Dokumen pedoman pengelolaan sekolah
4. Dokumen penerimaan beasiswa
5. Dokumen pembukuan keuangan:
- BKU
- Buku kas pembantu
- Buku pembantu pajak
- Buku laporan keuangan (APBN, APBD, dll.)
- Dokumen pemeriksaan atasan langsung
ADMINISTRASI STANDAR PENILAIAN
1. Dokumen rancangan dan kriteria penilaian
2. Dokumen pengembangan instrumen penilaian
3. Dokumen penilaian sesuai IPK
4. Dokumen analisis hasil evaluasi/KKM dan daya serap
5. Dokumen hasil remedial dan pengayaan
6. Buku legger nilai
7. Buku Raport/laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik
8. Dokumen penilaian sikap dan kepribadian
9. Dokumen pelaporan ulangan, UTS, kenaikan kelas, UAS, UN
10. Dokumen fotokopi SKHUN, ijazah, dan penyerahannya
ADMINISTRASI BUDAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH
1. SOP
2. Tata Tertib Pendidik, Tenaga Kependidik, Peserta Didik
3. Tata Tertib penggunaan sarana prasarana/fasilitas sekolah
4. Petunjuk, peringatan dan larangan , sangsi berperilaku di sekolah
5. Kode etik sekolah
6. Buku tamu
7. Program dan pelaksanaan 7K
ADMINISTRASI PERAN SERTA MASYARAKAT DAN KEMITRAAN SEKOLAH
1. Dokumen keterlibatan warga dan masyarakat dalam pengelolaan sekolah:
2. Notulen rapat,
3. Daftar hadir,
4. Foto-foto kegiatan, dll.
5. Dokumen kemitraan dengan lembaga yang relevan (MoU)
Penataan administrasi bagi sekolah menjadi begitu penting sebagai sumber data utama manajemen sekolah dalam mengatur proses belajar mengajar dengan tertib sehingga tercapainya tujuan sekolah.
Secara lebih spesifik, administrasi sekolah berfungsi :
• Memberi arah dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah
• Memberikan umpan balik bagi perbaikan proses dan hasil pendidikan di sekolah
• Meningkatkan mutu penyelenggaraan administrasi sekolah
• Menunjang tercapainya tujuan/program sekolah secara efektif dan efisien
Saat ini penataan administrasi sekolah lebih mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan. Akan tetapi yang sering timbul di lapangan, kita terkadang bingung mengenai jenis-jenis administrasi yang mengacu kepada 8 standar tersebut. Oleh karena itu berikut ini kami sajikan beberapa contoh jenis administrasi yang sesuai dengan 8 standar nasional pendidikan tersebut.
ADMINISTRASI STANDAR ISI :
1. Dokumen KTSP (Buku 1, 2, 3)
2. Dokumen Penyusunan Kurikulum (termasuk kurikulum mulok)
3. SK Tim Pengembang Kurikulum
4. Dokumen Penetapan KKM
5. Kumpulan acuan/referensi/peraturan
6. Program dan laporan pengembangan diri (BK, Ekstrakurikuler)
7. Kalender Pendidikan
8. Pemetaan SK – KD – Indikator
9. Program PT dan KMTT semua mapel
10. dll.
ADMINISTRASI STANDAR PROSES :
1. Administrasi Guru (silabus, program tahunan, program semester, rincian minggu/hari efektif, RPP, jadwal mengajar, dokumen penilaian, lembar penilaian sikap, program & pelaksanaan remedial dan pengayaan, analisis penilaian, daya serap, agenda guru, dll.)
2. Daftar buku teks, panduan guru, referensi
3. Program dan pelaksanaan supervisi, serta tindak lanjut
4. Buku kemajuan kelas
5. Dll.
ADMINISTRASI STANDAR KOMPETENSI LULUSAN :
1. Dokumen hasil tugas-tugas terstruktur
2. Dokumen / kumpulan karya siswa:
3. Kliping
4. laporan kegiatan
5. laporan diskusi
6. foto – foto kegiatan, dll.
7. Dokumen Prestasi
ADMINISTRASI STANDAR PTK :
1. File PTK
2. Buku induk pegawai
3. Kumpulan SK pembagian tugas dan uraian tugas
4. Presensi PTK dan rekapitulasinya
5. Notulen rapat-rapat
6. Program dan laporan pelaksanaan pengelolaan perpustakaan
7. Program dan laporan pelaksanaan pengelolaan laboratorium
8. Dokumen Keikutsertaan PTK dalam forum ilmiah
9. Dokumen kewirausahaan
10. Buku Pembinaan dan penanganan kasus
11. Dokumen Program, pelaksanaan, dan hasil PKB
12. Daftar Nominatif pegawai
13. DUPAK
14. SKP / PKP/DP-3
15. Laporan hasil PKG
16. DUK
17. Buku cuti PNS
18. Dokumen penerimaan gaji
19. Daftar tunggu pensiun
20. Data Statistik Kepegawaian
21. Dll
ADMINISTRASI STANDAR SARANA DAN PRASARANA :
1. Dokumen analisis luas lahan dan bangunan
2. Dokumen analisis kebutuhan sarana prasarana
3. Dokumen master plan/peta sekolah, foto–foto sarana prasarana
4. Dokumen kepemilikan lahan
5. Dokumen IMB/peruntukan bangunan
6. Dokumen kepemilikan daya listrik
7. Dokumen program dan pelaksanaan pemeliharaan sarana dan prasarana
8. Buku teks / BSE/Buku guru/Buku siswa
9. Dokumen administrasi inventaris laboratorium
10. Dokumen administrasi inventaris perpustakaan
11. Buku inventaris sekolah
12. Daftar inventaris tiap ruang (KIR)
13. Administrasi perlengkapan/barang :
- Buku penerimaan barang
- Buku pengeluaran barang
- Buku pemeriksaan perlengkapan/barang
- Kartu pemeliharaan barang
- Dokumen penghapusan barang
- Dokumen usulan pengadaan barang
ADMINISTRASI STANDAR PENGELOLAAN
1. Dokumen penetapan visi, misi sekolah
2. Dokumen RKJM/RKS, RKT/RKAS, RAPBS
3. Dokumen KTSP, Kalender Pendidikan, Struktur Organisasi, program pengembangan SDM, peraturan akademik.
4. Dokumen evaluasi pelaksanaan program dan tindak lanjut
5. Dokumen administrasi kesiswaan :
a. dokumen PPDB/MOPD
b. dokumen Pelaksanaan pengembangan diri/konseling
c. daftar dan rekapitulasi prestasi siswa
d. buku induk siswa
e. Data base sekolah
f. Buku klaper
g. Data keadaan siswa
h. Dokumen rekapitulasi presensi siswa
i. Buku mutasi siswa
j. Data statistik kesiswaan
k. Daftar Nominatif Peserta UN
6. Dokumen pendayagunaan PTK (Pembagian tugas, dokumen sistem penghargaan,
pengembangan profesi, mutasi dan promosi)
7. Dokumen sarana prasarana (perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, inventarisasi)
8. Dokumen hasil supervisi dan tindak lanjut
9. Dokumen evaluasi kinerja guru dan karyawan
10. Dokumen akreditasi sekolah
11. Dokumen pemilihan wakil kepala sekolah
12. Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIM)
13. Dokumentasi administrasi persuratan/ perkantoran
- Buku agenda
- Buku ekspedisi
- Kartu kendali dan lembar disposisi
- Arsip surat masuk dan surat keluar
- Kumpulan peraturan
ADMINISTRASI STANDAR PEMBIAYAAN
1. Dokumen investasi sarana prasarana
2. Dokumen Program dan realisasi (pengembangan PTK, gaji, kesiswaan, ATK, penggandaan, biaya daya dan jasa, biaya operasional tidak langsung, dll.)
3. Dokumen pedoman pengelolaan sekolah
4. Dokumen penerimaan beasiswa
5. Dokumen pembukuan keuangan:
- BKU
- Buku kas pembantu
- Buku pembantu pajak
- Buku laporan keuangan (APBN, APBD, dll.)
- Dokumen pemeriksaan atasan langsung
ADMINISTRASI STANDAR PENILAIAN
1. Dokumen rancangan dan kriteria penilaian
2. Dokumen pengembangan instrumen penilaian
3. Dokumen penilaian sesuai IPK
4. Dokumen analisis hasil evaluasi/KKM dan daya serap
5. Dokumen hasil remedial dan pengayaan
6. Buku legger nilai
7. Buku Raport/laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik
8. Dokumen penilaian sikap dan kepribadian
9. Dokumen pelaporan ulangan, UTS, kenaikan kelas, UAS, UN
10. Dokumen fotokopi SKHUN, ijazah, dan penyerahannya
ADMINISTRASI BUDAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH
1. SOP
2. Tata Tertib Pendidik, Tenaga Kependidik, Peserta Didik
3. Tata Tertib penggunaan sarana prasarana/fasilitas sekolah
4. Petunjuk, peringatan dan larangan , sangsi berperilaku di sekolah
5. Kode etik sekolah
6. Buku tamu
7. Program dan pelaksanaan 7K
ADMINISTRASI PERAN SERTA MASYARAKAT DAN KEMITRAAN SEKOLAH
1. Dokumen keterlibatan warga dan masyarakat dalam pengelolaan sekolah:
2. Notulen rapat,
3. Daftar hadir,
4. Foto-foto kegiatan, dll.
5. Dokumen kemitraan dengan lembaga yang relevan (MoU)
0 komentar:
Posting Komentar